Test Lab TORCH dan Biayanya (as of 2015)

Thursday, May 12, 2016


Dear beautiful ladies,

Pada postingan kali ini, saya mencoba berbagi informasi seputar pemeriksaan laboratorium saya beberapa waktu silam di salah satu laboratorium klinik di Bogor. Sebelumnya, ijinkan saya menceritakan sedikit pengalaman saya tentang bagaimana saya harus menjalani beberapa rangkaian tes laboratorium sebagai lanjutan program kehamilan yang waktu itu saya jalankan setelah mengalami musibah keguguran pada kehamilan pertama saya.

Singkat cerita, setelah saya menjalani konsultasi beberapa kali dengan seorang dokter kandungan yang sangat ramah di sebuah rumah sakit swasta di Depok, saya dianjurkan untuk melakukan tes laboratorium untuk mencoba mengetahui penyebab terjadinya keguguran tersebut. Oleh dokter tersebut saya diberikan daftar panjang rincian tes laboratorium yang sejak awal sudah membuat saya agak sedikit ketakutan. Bagaimana tidak, dalam daftar itu terdapat tes TORCH, yaitu ACA, Rubella, dan Toxoplasma. Saya yang saat itu masih minim informasi menjadi terlalu khawatir membayangkan hasil tes nya.

Setelah selesai sesi konsultasi, kami bergegas ke loket laboratorium di rumah sakit tersebut untuk mendapatkan informasi kisaran harga. Setelah mendapatkan informasi yang kami maksud, seketika tubuh saya menjadi lemas dan tidak berdaya. Ya ampun Gusti, harganya sangat fantastis mencapai 5 juta rupiah. Untungnya kami diberikan jangka waktu yang cukup lama dan pilihan klinik laboratorium, bisa dilakukan di rumah sakit tersebut atau di luar rumah sakit.

Sembari mengumpulkan dan menyisihkan tabungan, kami pun inisiatif untuk mencari informasi di klinik laboratorium lainnya. Awalnya saya sempat ingin mencari informasi kisaran harga ke RSCM karena menurut tulisan yang pernah ada di blog seseorang, harganya tidak terlalu mahal. Tetapi karena lokasi yang terlalu jauh dari rumah kami di daerah Bogor, maka saya dan suami putuskan untuk menyempitkan pencarian di daerah Bogor saja.

Kami mendapatkan informasi di tiga laboratorium yang berbeda, dua diantaranya merupakan laboratorium rumah sakit dan satunya adalah klinik laboratorium swasta. Setelah kami bandingkan total harga yang sudah kami kumpulkan, seharusnya kami memilih laboratorium di salah satu rumah sakit ibu dan anak di Bogor karena harga yang lebih murah. Tetapi puji syukur Alhamdulillah, karena pada saat itu di lab Prodia menawarkan diskon 20% untuk seluruh pemeriksaan laboratorium dalam rangka Hari Kesehatan Nasional 2015. Akhirnya kami memilih laboratorium klinik tersebut. Perlu saya tekankan, saya tidak pernah ada perjanjian atau rekomendasi atau kaitan apapun dengan klinik lab Prodia. Tulisan ini murni sebagai wadah berbagi informasi saja ya.

Berikut ini langsung saya jabarkan saja ya kisaran harganya.

Pemeriksaan Tes Laboratorium ACA, Rubella, dan Toxoplasma
Laboratorium Klinik Prodia Bogor
Harga ini merupakan harga normal (belum termasuk diskon 20% yang saya jelaskan sebelumnya) dan data ini diambil pada November 2015.

Perincian Test + Harga
Hematologi Rutin + Retikulosit ----- Rp 154.000,00
Ferritin ----- Rp 246.000,00
Agregasi Trombosit ----- Rp 348.000,00
D-Dimer ----- Rp 674.000,00
ACA IgM ----- Rp 648.000,00
ACA IgG ----- Rp 648.000,00
Glukosa Puasa ----- Rp 33.000,00
HBsAg ----- Rp 147.000,00
Anti-Toxoplasma IgG ----- Rp 273.000,00
Anti-Toxoplasma IgM ----- Rp 273.000,00
Aviditas Anti-Toxoplasma IgG ----- Rp 433.000,00
Anti-Rubella IgM ----- Rp 369.000,00
Anti-CMV IgM ----- Rp 385.000,00
Anti-HSV2 IgM ----- Rp 289.000,00
Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan berguna bagi ladies sekalian. Jika saya boleh berikan saran, pada dasarnya harga di klinik ini tidak jauh berbeda dengan tiga laboratorium lainnya. Apabila ladies sekalian ingin melakukan serangkaian tes ini, maka sebaiknya berpuasa selama 10 jam sebelum melakukan tes ya. Dan jika ingin melakukan tes di klinik ini, saya sarankan untuk datang tidak lebih dari jam 10.30 pagi ya. 

You Might Also Like

2 comments

  1. mba maaf sy mau tanya kalo untuk tes toxoplasma saja bisa atau tidak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Rini, mohon maaf sebelumnya krn lelet sekali membalasnya :) harusnya bisa mbak, tp lbh baik kita minta surat pengantar dr dokter...

      Delete

Subscribe