Travel Story: Museum Gajah, Jakarta

Wednesday, August 22, 2012

Hai, hari ini saya mau post ttg jalan2 santai kita berdua (saya dan pacar). Intro dulu, selama pacaran sama Agung, untuk urusan jalan2/refreshing kita mencoba untuk explore tempat2 wisata yg deket2 dulu, niatnya sih krn saya gampang cape and sakit, jadi kita cari tempat2 asik yg bisa kita kunjungi dlm waktu sehari aja. Dan kebetulan saya itu museum fans, jadi saya suka bgt visiting ke museum2 yg ada di Jkt. Termasuk salah satunya adalah Museum Nasional atau yg lebih suka saya sebut aka Museum Gajah, itu karena ada patung gajah sbg icon museum ini dari dulu...

berikut ini mapsnya...
untuk mengunjungi museum ini selain dengan kendaraan pribadi, juga bisa dengan menggunakan bis transjakarta (karena pas di depan gedung museum ada halte transjakarta) atau dengan menggunakan KRL Jabodetabek turun di stasiun Gambir (lalu lanjut naik ojek atau taxi).
Museum Gajah ini udah sering banget saya kunjungi, dan ga pernah saya bosen sama museum ini. Oh iya, ini yg harus diinget pengunjung museum yg ada di Jakarta, jangan datang ke museum pada hari senin! karena sebagian besar museum seperti museum gajah dan museum fatahillah, tutup pada hari senin. Ini info htm dan jam buka museum..

Kini, museum gajah memiliki 2 gedung, antara selasar utama ke selasar selatan ada lorong yg menghubungkan kedua gedung (jadi ga perlu repot keluar masuk gedung). Di gedung utama, koleksinya ga beda jauh dg yg baru, hanya saja koleksi di gedung yg baru lebih tertata dengan rapih ditambah dengan diorama2 yg bagus pula. Di gedung utama, masih dengan koleksi andalan koleksi emas, ditambah koleksi keramik, replika rumah adat/pakaian adat, ruang khusus koleksi Thailand, koleksi tekstil, dll. Begitu juga koleksi di gedung yg baru, masih sama dengan yg utama, hanya saja ditambah beberapa ruangan khusus untuk pengunjung, seperti ruang untuk pameran dan kantin.









selamat belajar mencintai kebudayaan nusantara, selamat berwisata ke museum :) Angger

You Might Also Like

0 comments

Subscribe